Sekarang ini banyak sekali beredar bakso yang mengandung boraks. Menurut Wikipedia boraks merupakan campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar.

Dalam dunia industri, boraks sering sekali dipakai sebagai bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa.

Namun banyak oknum pedagang bakso yang mencampur baksonya dengan boraks agar bakso tersebut menjadi tahan lama hingga berhari-hari. Hal tersebut tentunya sangat merugikan para konsumen yaitu para penikmat makakan bakso.

Bagaimana tidak, boraks yang seharusnya digunakan untuk bahan pemberseh dan pengawet kayu malah digunakan untuk campuran bakso.

Bahaya boraks bagi kesehatan

Dalam penggunaannya, boraks tidak aman untuk dikonsumsi sebagai makanan dalam dosis berlebihan. tetapi ironisnya penggunaan boraks dalam dosis berlebihan sebagai komponen dalam makanan sudah meluas di seluruh dunia.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan penyakit gangguan otak, hati, dan ginjal. Dalam jumlah banyak, boraks menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, hingga kematian.

Boraks biasanya digunakan dalam pembuatan makanan seperti berikut ini:

  • bakso, sebagai pengawet dan pengeras
  • karak/lèmpèng (kerupuk beras), sebagai komponen pembantu
  • pembuatan gendar (adonan calon kerupuk)
  • mie
  • lontong, sebagai pengeras
  • ketupat, sebagai pengeras
  • cenil, sebagai pengeras
  • kecap, sebagai pengawet

Nah, agar kamu dan keluarga terhindar dari bahaya bakso yang mengandung boraks, sebaiknya kamu membaca artikel ini agar kamu dapat tau cara mudah mengenali bakso yang mengandung boraks.

Ciri-ciri bakso mengandung boraks

Berikut ini merupakan ciri-ciri bakso yang mengandung boraks:

1. Memiliki tekstur kenyal dan keras

Salah satu ciri-ciri utama bakso yang mengandung boraks yaitu tekstur nya kenyal dan keras. Kamu bisa mencari tau bakso yang kamu makan itu mengandung boraks atau tidak, dengan cara melempar bakso tersebut ke lantai dan akan memantul seperti bola. Rapi ingat jangan ke penjual bakso nya ya, heheh.

2. Warnanya Putih

Warna bakso yang alami pada umumnya memiliki warna kecoklatan. Akan tetapi jika bakso yang mengandung boraks akan memiliki warna yang cenderung lebih putih.

3. Aroma kurang alami atau menyengat

Bakso daging sapi biasanya memiliki aroma khas daging dan bumbu, namun jika dicampur boraks maka akan memiliki aroma yang tidak alami dan menyengat.

4. Menguji bakso menggunakan tusuk gigi

Untuk mengetahui bakso tersebut menagandung boraks atau tidak, kamu bisa mengujinya menggunakan tusuk gigi. Seperti penemuan yang dilakukan oleh ilmuan muda hebat Indonesia yang meraih 2 medali Emas di International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014. Mereka melakukan pengujian hanya dengan menggunakan tusuk gigi dan kunyit saja untuk mengetahui bakso tersebut mengandung boraks atau tidak.

Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

  • Ambil tusuk gigi lalu tusukkan ke kunyit.
  • Tusuk gigi yang sudah ditusukkan ke kunyit lalu tusukkan ke bakso lalu diamkan selama kurang lebih 5 detik. Setelah itu cabut tusuk giginya.
  • Setelah itu akan terlihat hasilnya. Bila bakso menggunakan boraks maka warna tusuk gigi akan berubah menjadi merah. Hal ini bisa terjadi karena bahan kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia.

5. Lebih tahan lama

Bakso yang mengandung boraks memiliki daya tahan agar tidak basi walaupun tidak dibekukan atau dipanaskan. Bakso yang mengandung boraks bisa tahan hingga 4-6 hari. Sedangkan bakso yang tidak memakai boraks akan cepat basi jika tidak dimasukkan ke dalam freezer.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara mudah mengenali bakso yang mengandung boraks. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu dan keluarga dapat lebih waspada lagi dan capat membedakan mana bakso yang mengandung boraks atau tidak agar dapat terhindar dari bahaya boraks tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here